13 Contoh Usaha di Desa Dan Tips Untuk Memulai 2020 | Patriot Desa

13 Contoh Usaha di Desa Dan Tips Untuk Memulai 2020

Patriot Desa – Bagi mereka yang kreatif dan memiliki jiwa wirausaha yang tinggi, usaha di desa bisa dijadikan sebagai peluang oleh mereka. Sebeb, kesempatan untuk berbisnis bisa datang dari mana saja. Tinggal di pedesaan bukan penghalang untuk menemukan ide bisnis yang menguntungkan.

Kita tahu, sebagian besar wilayah di Indonesia adalah daerah pedesaan yang identik dengan kawasan yang indah nan asri. Di balik keindahan alamnya, tersimpan banyak potensi bisnis yang jika dikelola dengan tepat dan serius, bukan tidak mungkin keuntungan akan mengalir. Dengan sedikit kreativitas, kamu sudah bisa menciptakan peluang usaha di lingkungan tempat tinggal.

Dengan mengamati lingkungan sekitar, kamu bisa mencipatakan ide yang mudah dijalanan dan tentunya menguntungkan. Sebab, desa memiliki sifat dan karakter yang sangat berbeda dengan perkotaan. Sebelum membahas lebih jauh usaha apa saja yang bisa dilakukan di desa, Seruni ingin membahas sedikit potensi peluang usaha di desa berkembang pun usaha di daerah sepi sekalipun.

Potensi Berbisnis di Desa

Desa memiliki peluang usaha yang sangat luar biasa. Ketersediaan lahan yang luas serta lingkungan yang masih asri membuat desa menjadi sangat berpotensi dan cocok untuk mengembangkan suatu usaha. Dalam hal ini, memilih bisnis yang cocok menjadi kunci utama kesuksesan bisnis yang nantinya akan kamu jalani.

Setiap ide bisnis yang akan kamu jalani di desa harus sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Jika kamu benar-benar inign mengembangkan bisnis di desa, maka ide tersebut setidaknya harus berhubungan dengan potensi di desa tersebut. Dengan cara seperti ini, usaha akan menjadi lebih mudah dijalankan dan tidak menutup kemungkinan akan mendatangkan keuntungan.

Dalam dunia bisnis, persaingan adalah hal lumrah yang kerap terjadi. Namun kamu bisa kok menemukan beragam di desa yang belum memilik banyak pesaing. Kira-kira usaha apa, ya?

Usaha Rumahan Jualan Pulsa

Di zaman teknologi seperti sekarang, pulsa sangat-lah penting di dalam kehidupan orang-orang. Pulsa digunakan untuk menelpon dan membeli kuota internet.

Peluang usaha berjualan pulsa sudah digeluti banyak orang. Namun, peluang masih sangat luas dan anda bisa memperoleh omset jutaan hingga puluhan juta rupiah dalam bisnis ini.

Bagaimana cara untuk memulai bisnis jualan pulsa?

1.1. Mencari agen pulsa yang terpercaya

Kamu bisa mendapatkan agen pulsa dari teman, toko handphone yang berjualan pulsa. Ketika anda mencari toko tersebut, cari-lah toko yang besar dan terpercaya.

Jangan karena iming-iming harga murah, anda berlangganan di toko tersebut.

Anda juga tidak perlu mencari toko pulsa yang besar di kota besar apabila anda berada di desa, cukup mencari di sekitar lingkungan anda.

Pastikan bahwa agen pulsa tersebut bisa dengan mudah bertransaksi dengan anda.

Contohnya, anda bisa membayar secara online, sehingga tidak menyulitkan anda bolak-balik ke toko tersebut.

Alangkah baiknya, jika teman anda agen pulsa tersebut, karena anda bisa berhutang dahulu.

1.2. Cari harga murah

Normal apabila penjual mau mencari keuntungan. Apabila agen pulsa tersebut mengambil keuntungan terlalu banyak, anda tidak bisa lagi menjual.

Peluang usaha tersebut, tergantung kepada penjual atau agen pulsa. Seperti yang saya sudah tulis, jangan membeli ke agen pulsa yang menjual pulsa secara tidak normal. Contoh, Rp 100 ribu dijual Rp 80 ribu.

Normalnya, pulsa Rp 100 ribu dapat dibeli dengan Rp 95 ribu untuk kartu Telkomsel. Semakin banyak anda membeli, semakin banyak potongan untuk anda.

Pesaing anda bukan hanya penjual di lingkungan anda, sudah banyak toko online seperti Tokopedia, menyediakan cara untuk mengisi pulsa secara online.

Jadi, saya sarankan untuk menjual pulsa dengan harga murah dan kejar omset anda. Jangan mencari keuntungan banyak, namun omset turun. Usaha ini mengejar omset daripada keuntungan.

Keuntungan jualan pulsa dengan cara ini adalah anda bisa melayani semua pengisian pulsa yang banyak maupun sedikit. Tokopedia tidak mengizinkan anda membeli pulsa dengan nominal yang rendah.

1.3. Offline dan Online

Jualan pulsa bisa juga dikategorikan usaha online karena anda bisa mendapatkan chips dari agen pulsa anda. Biasanya, agen pulsa yang besar akan menyediakan layanan ini. Chips all operator akan memberimu kemudahan dalam bertransaksi jualan pulsa.

Apabila anda mempunyai langganan tetap, komunikasi dengan aplikasi pesan seperti Whatsapp, Line, Telegram sudah cukup. Dengan chips ini, anda bisa bersaing dengan toko online, bahkan dengan kompetisi di desa anda.

Usaha Rumahan Kuliner

Salah satu peluang usaha rumahan yang diandalkan banyak orang. Kuliner di kategorikan dua bagian:

  • Makanan berat dan ringan
  • Kue atau roti

2.1 Makanan berat dan ringat

Anda bisa membuka warung atau depot di depan rumah anda. Bahkan, anda bisa membeli gerobak untuk keliling jika anda mau. Tidak perlu susah-susah, usaha kuliner cukup perlu menjual nasi goreng, ayam goreng, ikan bakar, sop, dll.

Membuka di depan rumah anda tidak memerlukan biaya yang banyak. Anda hanya perlu meja, kursi, piring dan gelas. Sedangkan kompor dan gas, cukup menggunakan apa yang ada di rumah.

Meja-pun hanya perlu dari kayu, membeli atau membuat sendiri tidak memakan biaya yang banyak. Intinya, Usaha ini perlu modal yang kecil, kurang-lebih Rp 1 juta.

2.2 Kue atau Roti

Berjualan kue dan roti lebih mudah daripada makanan berat karena anda bisa membeli di pasar terlebih dahulu. Kue dan roti juga bisa dikategorikan menjadi dua tipe: basah dan kering.

Tipe mana-pun yang anda jual, dua-duanya bisa dibeli di pasar. Selain itu, menjual minuman adalah hal yang logis ketika anda membuka warung.

Semua orang bisa membuat teh dan kopi. Selalu beli beberapa macam aneka kue dan coba kue mana yang paling laris.

Apabila kue tersebut bisa basi, belilah sedikit dan ketika tidak ada orang yang membeli kue tersebut, bagikan kue tersebut ke orang yang tidak mampu. Rezeki anda akan bertambah, dan usaha anda akan terus lancar.

Tips untuk membuka peluang usaha rumahan kuliner:

  1. Jangan jual terlalu mahal, ambil untung sewajarnya karena anda berjualan di sekitar lingkungan anda. Tidak hanya membuat hubungan baik dengan tetangga, anda juga menghasilkan uang.
  2. Jangan menerima utang. Utang yang tidak dibayar menimbulkan kerugian dan kerugian adalah musuh dari semua bisnis.
  3. Jaga kualitas makanan anda, tidak begitu enak tidak apa, semua orang mempunyai rasa yang berbeda. Namun, anda harus selalu menjaga kebersihan tempat dan makanan.

Disamping itu, anda juga bisa mengembangkan warung anda di media sosial. Sudah banyak warung-warung kecil menggunakan cara ini untuk memperbesar usaha mereka.

3.Membuka Les Privat

Apabila anda pintar di bidang akademik, anda cocok untuk membuka les privat. Jangan salah, usaha rumahan ini menghasilkan jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Beda dengan zaman dulu, guru les yang bagus sangat mahal. Terlebih lagi, anda menguasai pelajaran seperti accounting, komputer programming, atau bahasa mandarin/ Inggris.

Semua orang tua pasti mau anaknya pintar dan bisa ranking di kelas mereka. Tidak hanya orang tua, orang dewasa juga mau mempunyai keahlian tertentu untuk menghasilkan uang lebih.

Tidak hanya di bidang sekolah, anda juga bisa mengajar hal seperti memasak, memasang alis mata, menjahit, hingga reparasi motor. Banyak peluang di usaha ini.

Disamping itu, anda tidak memerlukan modal untuk melakukan hal ini dan ini adalah salah satu dari bisnis rumahan. Sangat gampang bukan?

Bagaimana cara memulai bisnis tersebut?

Sudah jelas, anda harus mempromosi les privat dari mulut ke mulut. Anda bisa mencoba les privat ke rekan keluarga, teman hingga tetangga.

Minta tolong sama mereka untuk mempromosikan diri anda. Saya cukup yakin, apabila anda mengajar dengan baik, banyak yang akan mau les dengan anda.

Selain itu, anda juga harus membuat tarif yang ‘ramah’ di kantong orang tua. Di bisnis, alangkah bagusnya apabila dalam 1 ruangan, anda bisa mengajar 5-10 orang.

Bayangkan apabila tarif anda 1 jam adalah Rp 30- Rp 100 ribu. Anda bisa mendapatkan Rp 150 ribu dalam 1 hari dan saya hitung ini dengan waktu dan uang yang minimum.

Jangan lebih dari 10 orang untuk menjaga kualitas ajaran anda. Buatlah, lebih banyak jam les, seperti 2 jam di siang hari dan 2 jam di malam hari. Di dalam bisnis ini, kualitas harus terjaga karena semua orang tua mau mempunyai anak yang pintar.

4.Membuka Usaha Laundry

Membuka pencucian baju adalah usaha rumahan yang jitu untuk dilakukan.

Kenapa?

Karena setiap hari orang pasti akan mengganti baju, tetapi orang sudah malas untuk mencuci pakaian tersebut. Apalagi, anda belum mempunyai pasangan.

Walaupun anda sudah mempunyai istri, biasanya, istri anda akan mempunyai kerjaan masing-masing dan sudah tidak ada waktu lagi untuk mencuci pakaian.

Lalu bagaimana?

Mereka pasti akan menggunakan jasa laundry. Melihat padatnya aktivitas sehari-hari, membuka bisnis rumahan laundry sudah pasti akan menghasilkan anda uang.

Tips:

Sesuaikan harga: Anda harus melakukan survey berapa harga laundry di sekitar rumah anda. Buatlah harga yang sesuai dengan pelayanan yang anda berikan terhadap pelanggan.

Pastikan anda tidak menaruh harga terlalu murah atau terlalu mahal. Apabila anda memasang harga terlalu murah, orang akan berpikir bahwa pelayanan anda jelek.

Terlalu mahal, orang tidak akan menggunakan jasa laundry anda. Biasanya, orang tidak akan memikirkan harga yang lebih mahal, asalkan mereka puas dengan layanan yang anda berikan.

Pelayanan Extra: Seperti yang sudah saya sampaikan bahwa pelanggan tidak keberatan apabila dibebankan dengan harga yang lebih mahal. Namun, anda juga harus memberikan value (nilai) yang lebih.

Apabila kompetitor anda tidak memberikan pelayanan antar-jemput, anda bisa lakukan pelayanan ini. Contoh lain adalah memberikan parfum baju kecil yang bisa digantung di lemari.

Teknik Mencuci: Berbagai macam pakaian, mempunyai cara khusus untuk dicuci. Perhatikan dan selalu teliti untuk mencuci pakaian yang mahal.

Klien adalah yang raja dan anda harus memberikan 100 persen anda ke pakaian tersebut.

Jangan menganggap remeh satu pelanggan karena pelanggan tersebut bisa membawa anda 10x pelanggan yang lain dan bisa juga mengurangi pelanggan anda.

5.Usaha Rumahan Barbershop

Peluang Usaha rumahan jenis barbershop sangat marak pada tahun 2018. Banyak pembisnis muda yang memberanikan diri untuk membuka barbershop.

Anda tidak perlu bisa menggunting rambut untuk membuka usaha ini, cukup bagi hasil dengan tukang cukur. Namun, lebih baik lagi apabila anda sendiri bisa menggunting.

Kenyamanan tempat adalah utama dalam bidang ini dan anda harus bisa memberi pelayanan yang baik. Gaya rambut laki-laki tidak begitu banyak, anda juga tidak perlu ahli styling seperti di salon-salon terkenal.

Tawarkan berbagai paket kepada customer anda, contohnya adalah paket potong + cuci, potong saja, potong+creambath. Anda tidak perlu menawarkan hal yang aneh seperti cat rambut, dll.

Alangkah bagusnya lagi apabila anda juga menjual shampoo, wax yang anda gunakan sebagai hasilan tambahan.

Tips

Memberikan pelayanan yang extra dari pesaing anda. Sudah banyak barbershop tersedia. Kenapa mereka harus ketempat anda? Di luar negeri, saya pernah melihat 10 minutes hair-cut atau juga 10 menit potong rambut.

Apabila anda percaya dengan skill anda, anda juga bisa. 10 menit potong rambut akan menarik kebanyakan orang karena menunggu rambut anda selesai dipotong sangat membosankan.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *