13 Contoh Usaha di Desa Dan Tips Untuk Memulai 2020 | Patriot Desa

13 Contoh Usaha di Desa Dan Tips Untuk Memulai 2020

10. Facebook Ads

Google dan Facebook menghasilkan banyak uang dari menampilkan iklan. Banyak pemilik bisnis tidak bisa menggunakan fitur-fitur tersebut.

Namun, di tahun 2019, perusahaan membayar freelancer untuk mengoptimasi iklan-iklan tersebut. Bayaran untuk membuat iklan tersebut sangat besar.

Di Amerika, satu proyek akan membuahkan anda $50-$1000. Di zaman teknologi ini, anda bisa mendapatkan klien dari mana saja dengan mudah. Yang penting anda bisa membawakan hasil kepada sang pemilik bisnis tersebut.

Usaha rumahan ini bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja.

11. Toko Online

Sudah tidak bisa dipisahkan lagi untuk menghasilkan uang di zaman sekarang, anda memerlukan toko online seperti Tokopedia, Lazada, dll.

Bagaimana tidak?

Membuka toko online tidak memerlukan biaya yang banyak, anda hanya perlu handphone dan koneksi internet.

Bagaimana dengan barang?

Anda bisa menjual dagangan yang anda lakukang sekarang ini. Bedanya adalah anda memiliki toko digital dan siap-siap untuk lebih capek karena orderan yang lebih banyak.

Apakah susah untuk sukses di toko online?

Sudah pasti, tetapi ini bukan hal yang mustahil. Seperti yang selalu saya katakan, semua dimulai dengan satu langkah.

Tips:

Lakukan riset barang apa yang lagi trending atau akan trending. Lihatlah di sekitar anda, apakah barang tersebut bisa membantu kehidupan orang? Pikirkan dengan cermat atau tanya ke rekan, saudara atau kolega.

Pastikan anda menggunakan sosial media untuk menarget jualan anda, apabila itu anak muda, gunakan Facebook dan Instagram. Saya sarankan untuk menargetkan usia 20-40 tahun karena mereka mempunyai purchasing power.

Anda juga harus bisa mempelajari pemasaran digital baik itu Facebook, Instagram, Snapchat atau dengan blogging.

Mempunyai blog jauh lebih baik karena anda akan menjadi problem solver dan rekomendasikan produk anda dengan melakukan tautan di artikel tersebut.

Yang terpenting adalah kelola keuangan anda dengan benar. Jangan besar pasak daripada tiang. Pisahkan uang bisnis dan uang pribadi. Selalu simpan paling tidak 10 persen dari laba anda.

12. Instagram

Anda sudah pasti pernah mendengar kata-kata “Selebgram” (Selebrities Instagram). Tidak sudah untuk menjadi terkenal dengan menggunakan Instagram. Kyle Jenner di bayar $300,000 untuk sebuah postingan.

Sudah tidak asing lagi dengan nama Syahrini bukan? Dia mendapatkan bayaran Rp 150 juta untuk 1 post.

Anda mungkin berpikir bahwa anda tidak secantik, seganteng dan terkenal seperti para artis.

Jika saya beritahukan anda bisa melakukan bisnis ini tanpa kriteria tersebut, apakah anda percaya?

Apabila iya, saya akan beritahukan caranya.

Anda bisa melakukan postingan seperti video lucu, masak, kata-kata mutiara atau agama. Tidak perlu menunjukkan wajah anda juga. Jangan pernah membeli follower karena mereka hanya akan menghabiskan uang anda tidak ada manfaatnya. Saya sudah pernah melakukan itu.

Ketika anda sudah terkenal, anda bisa jual setiap postingan anda.

Apakah semudah itu? IYA.

Tahun 2019 adalah tahun dimana media sosial merajalela. Baik-baik ambil kesempatan ini karena kesempatan ini akan hilang dalam beberapa tahun yang akan datang.

Kenapa orang menggunakan iklan di Facebook, Google dan Instagram?

Seperti di televisi, iklan akan membuat bisnis atau brand anda menjadi terkenal. Tidak semua orang mempunyai uang untuk melakukan iklan di televisi. Dan, iklan di televisi sudah ‘basi’ di tahun 2014 keatas karena mereka tidak membawa hasil yang optimal.

Sedangkan, menggunakan iklan di media sosial membawa hasil lebih bagus daripada di TV karena semua orang pasti memiliki akun Facebook dan Instagram. Disamping itu, membayar iklan di medsos jauh lebih murah daripada di televisi.

Untuk memulai, anda bisa membaca di Google dan membuat blog atau join platform freelance seperti Fiverr, Freelancer, dll. Alangkah bagusnya apabila anda mendalami pekerjaan ini.

Saya bisa pastikan bahwa usaha rumahan ini masih belum begitu terkenal di Indonesia, dan di tahun-tahun yang akan datang, pasti banyak perusahaan yang besar akan membayar anda puluhan juta rupiah untuk satu proyek.

13. Guru Privat Online

Apakah Anda menguasai pelajar akademis seperti matematika, Bahasa, akuntansi, sains, sosial maupun sejarah?

Jangan biarkan kemampuan Anda meluap secara percuma dengan menjadikannya sebagai modal utama untuk memulai usaha sebagai guru privat.

Bisnis rumahan sebagai guru memang jarang dilirik oleh milenials, padahal populasi anak di negeri ini tidak sedikit.

Permintaan untuk edukasi tambahan demi kelancaran performa anak di sekolah semakin dibutuhkan oleh para orang tua.

Dilansir dari Indonesia-invesments.com Pada tahun 2010, sekitar 19% penduduk Indonesia adalah anak yang umurnya di bawah 10 tahun, sekitar 37% di bawah 20 tahun. Dari sudut pandang demografis, angka tersebut menunjukkan potensi besar dalam hal produktifitas dan kreatifitas.

Dari perspektif guru les privat, itu merupakan jumlah pasar yang sangat besar untuk dapat dimaksimalkan dan manfaatkan.

Tentu saja karena Anda adalah guru privat, menentukan tarif harga yang masuk akal dengan kebutuhan anak dan orang tua sangat penting.

Namun tidak berarti juga Anda harus menguras diri. Jalan tengah dan win-win solution adalah yang terbaik.

Bicarakan dengan calon konsumen Anda syarat dan ketentuan agar lebih jelas dan menghindari kesalah-pahaman.

Jika Anda mengetik keyword ‘les privat’ pada google, hasil pencarian memberikan opsi yang berlimpah.

Sebagai pemberi jasa, Anda bisa memilih ingin menggunakan platform mana untuk memperkenalkan diri Anda kepada konsumen.

Anda bisa mempertimbangkan beriklan di jobstreet, RuangGuru dan lesprivatmatrix.

 

Semua bisnis mempunyai kesusahan masing-masing. Tidak ada bisnis yang mudah, jika mudah, semua orang sudah menjadi kaya raya. Artikel ini akan selalu saya update ketika

Tidak ada juga namanya kata “terlambat.” Anda benar-benar terlambat jika anda tidak memulai bisnis sekarang.

Lebih baik gagal daripada tidak melakukan sama sekali. Kegagalan dalam satu hal adalah tanda bahwa ada keberhasilan di hal berikutnya. Jangan menyerah.

Salam Patriot Desa

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *