Ide Wisata Sawah Muncul karena Ingin Mendatangkan Wisatawan dari Pulau Jawa | Patriot Desa

Ide Wisata Sawah Muncul karena Ingin Mendatangkan Wisatawan dari Pulau Jawa

Patriot Desa – Kepala Desa Pematang Johor, Kec Labuhan Deli, Kab Deli Serdang, Sumatra Utara, Sudarman, mengatakan, munculnya ide merancang wisata sawah berawal dari sebuah tantangan dari Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan yang mengatakan jangan hanya orang Deli Serdang saja yang datang mengunjungi destinasi wisata di Pulau Jawa, sekali-kali orang dari Pulau Jawa yang datang ke Deli Serdang nikmati destinasi wisata yang di Pematang Johar.

Tekad ini yang menjadi motivasi Sudarman untuk membangun destinasi wisata sawah di Pematang Johar, seusai mengikuti studi banding bersama Bupati Deli Serdang ke Pulau Jawa beberapa waktu lalu.

Ketika ditemui medanbisnisdaily.com, usai peresmian Wisata Sawah, Senin (3/2/2020) sore, Sudarman bisa tersenyum melihat ribuan warga berkunjung ke desanya untuk menikmati indahnya sawah seluas 1.750 hektare yang dikelola dengan baik, dilengkapi dengan sejumlah pondok, taman bacaan, musala, permainan air dan tempat kuliner.

Sepanjang jalan yang dilalui dengan jembatan bambu juga tertata dengan indah, memberikan kenangan khusus bagi wisatawan yang datang menikmati keindahan wisata sawah, bukan hanya wisatawan lokal, tetapi dari Jerman, Australia dan Cina juga telah datang berkunjung,” kata Sudirman yang tahun lalu terpilih sebagai juara kedua kepala desa terbaik tingkat nasional.

Untuk menopang perekonomian di lokasi wisata itu, Desa Pematang Johar juga telah membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam pengelolaan Batik Sawah, asli hasil karya tangan masyarakat Desa Pematang Johar.

“Sebagai bentuk usaha desa, kami masyarakat Desa Pematang Johar berhasil membuat karya tangan dari masyarakat Pematang Johar, dengan membatik kain yang dimodifikasi menjadi baju berbagai model,” sebut Sudarman

Wisata Edukasi

Areal sawah yang dijadikan destinasi wisata sawah dengan luas 1.750 hektare juga menjadikan wisata edukasi persawahan, dalam kurun waktu mulai dari 22 Desember 2019 hingga Januari 2020 ini, tercatat jumlah pengunjung yang datang ke obyek wisatawa sawah di Desa Pematang kemencapai 47.000 pengunjung dengan pendapatan per bulan mencapai Rp 200 juta, dan per tahunnya diperiksi mencapai penghasilan mencapai Rp 2 miliar, sedangkan biaya masuk dipungut Rp 5.000 per orang.

Sudarman juga mengucapkan terima kadih kepada PT KIM (Persero) yang telah ikut serta mengelola Wisata Sawah dengan dana CSR yang dikucurkan oleh perusahaan tersebut.

Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan juga mengucapkan terima kasih atas keberhasilan yang telah dilakukan oleh Kepala Desa Pematang Johar, Sudarman dalam menciptakan lapangan kerja atau usaha untuk masyarakat Desa Pematang Johar dengan menciptakan destinasi wisata yang ada di Desa Pematang Johar. (www.medanbisnisdaily.com)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *