Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan dan Patut Dicoba | Patriot Desa

Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan dan Patut Dicoba

Patriot Desa – Memangnya ada peluang usaha di desa yang menguntungkan? Mungkin begitulah pemikiran sebagian orang. Tak sedikit orang yang beranggapan hidup di desa itu sulit dan hidup di kota lebih berpeluang untuk mendapatkan pekerjaan dan uang. Faktanya, untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan atau membangun usaha sendiri bisa dilakukan oleh orang di desa / kampung.

Di kota besar, peluang usaha yang bisa Anda dapatkan mungkin hanya sekitar 50:50. Melihat kenyataan tersebut, Anda yang berdomisili di pedesaan seharusnya sudah mulai berpikir untuk mulai mengembangkan usaha di desa, karena peluang usaha yang dihadirkan terbilang cukup banyak dan menggiurkan.

Namun terkadang, Anda terkendala dengan beberapa hal, diantaranya ide atau tentang bagaimana peluang usaha rumahan di desa yang akan dikerjakan.

Simak dan cermati beberapa contoh peluang usaha di desa berikut ini yang mungkin bisa menginspirasi Anda nantinya.

Peluang Usaha di Kampung dengan Berbisnis Online

Cakupan internet yang sudah mencapai hingga desa-desa bisa Anda manfaatkan sebagai peluang usaha rumahan di desa selanjutnya. Usaha atau bisnis online bisa Anda coba. Bisnis online atau internet marketing sendiri merupakan usaha potensial di desa yang cukup fleksibel, dimana Anda bisa mengontrol dari mana dan kapan saja Anda mau, selagi Anda masih memiliki akses internet.

Sebelum menjalankan bisnis online, Anda sebaiknya melakukan survei pasar terlebih dahulu, produk apa yang sekiranya dibutuhkan dan sering dicari oleh masyarakat melalui internet. Dalam bisnis ini, Anda bisa membuat sebuah blog atau situs sendiri yang sederhana sebagai tempat jual beli.

Atau mungkin Anda bisa memanfaatkan marketplace atau pihak ketiga, seperti Tokopedia, BukaLapak dan situs sejenisnya untuk menjual barang dagangan Anda tersebut. Walaupun Anda nantinya akan menjalankan bisnis ini dari pedesaan, namun bisnis tersebut masih tetap bisa menjangkau hingga berbagai daerah di Indonesia, tentu dengan bantuan internet. Contohya yang dilakukan oleh Krishna Souvenir.

Bukankah ini contoh peluang yang bagus? Namun begitu, menjalankan bisnis online juga memiliki tantangan yang harus dilalui sebelum akhirnya bisa sukses.

Usaha di Desa dengan Berjualan Pulsa Elektrik dan Kuota

Berjualan pulsa elektrik dan kuota internet adalah salah satu jenis usaha yang cocok di desa. Alasannya, karena sekarang ini pengguna handphone dan internet di pedesaan sudah semakin banyak. Para pengguna handphone dan internet inilah target market yang sangat potensial.

Pengguna handphone di Indonesia sudah tak terhitung jumlahnya, bahkan smartphone pun sudah cukup banyak digunakan masyarakat di desa. Hal ini tentu membuka peluang usaha jualan pulsa karena kebutuhan akan pulsa pasti cukup banyak.

Selain pulsa, permintaan akan kuota internet pun sudah cukup tinggi di pedesaan. Tentu saja hal ini bisa dimanfaatkan sebagai ladang bisnis, membuka usaha dengan berjualan kuote internet bagi pengguna smartphone di desa.

Peluang Bisnis di Desa dengan Menjual Alat-Alat Pertanian

Menurut saya pribadi, usaha di bidang pertanian adalah jenis usaha paling sukses di desa. Salah satu peluang usaha di desa yang cukup menggiurkan yaitu menjual alat-alat pertanian dan berbagai hal yang berhubungan dengan dunia pertanian, bibit tanaman, dan obat hama misalnya.

Di pedesaan, lahan pertanian masih luas untuk digarap. Ini bisa Anda jadikan peluang bisnis tersebut. Banyak petani yang tentu membutuhkan bibit-bibit tanaman yang berkualitas sebelum musim tanam tiba. Selain itu, para petani tersebut juga membutuhkan alat-alat pertanian untuk menggarap lahan mereka.

Dalam proses perawatan, mereka juga membutuhkan obat hama yang biasanya digunakan saat ada hama yang menyerang tanaman. Dengan usaha rumahan yang Anda dirikan, mereka tak perlu lagi jauh-jauh pergi ke kota atau tempat yang jauh untuk bisa mendapatkan barang-barang yang mereka butuhkan tersebut.

Peluang Bisnis di Desa Dengan Tanaman Hidroponik

Justru masyarakat kota yang kekurangan lahan, mereka memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam dengan sistem hidroponik. Nah jangan mau ketinggalan dengan mereka. Apalagi hasil sistem pertanian hidroponik sangat digemari oleh masyarakat karena lebih higienis. Sistem hidroponik juga lebih murah dan praktis apabila kita tahu bagaimana caranya.

Walaupun bagi kita yang tinggal di desa biasanya memiliki lahan yang luas. Bertani sayuran dengan sistem hidroponik justru akan membuat pemanfaatan lahan menjadi lebih efektif. Kita bisa mencoba bertani dengan berbagai jenis sayuran.

Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, berikut ini ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi ketika ingin memilih jenis media yang akan digunakan.

  1. Media memiliki kemampuan untuk menyimpan air. Karena tanaman butuh nutrisi yang kita berikan pada air tersebut.
  2. Media harus memiliki struktur yang gembur, sehingga banyak zat nutrisi yang tersimpan dan tersebar dengan baik.
  3. Nilai kandungan garam yang rendah
  4. Tidak mudah berubah bentuk walaupun terjadi perubahan suhu
  5. Bebas hama agar tanaman tumbuh dengan optimal
  6. Memiliki kandungan kapur atau kalsium

Setelah mengetahui beberapa kriteria yang harus dipenuhi ketika ingin memilih media hidroponik, berikut ini ada beberapa jenis media yang paling sering digunakan.

  • Rockwool
  • Arang sekam
  • Cocopeat / sabut kelapa
  • Perlit
  • dll

Dibutuhkan beberapa pengetahuan agar Anda mampu mengembangkan bisnis hidroponik yang sukses. Sekarang ini internet telah membuat semuanya menjadi semakin mudah. Manfaatkan Google untuk mencari informasi tambahan untuk Anda.

Usaha di Desa Dengan Kerajinan Tangan

Kutipan yang diperoleh dari acara Inacraft 2017 mengatakan ekspor kerajinan tangan dari negara Indonesia meningkat hingga 1.35%. Sementara pasar Indonesia hanya mampu memenuhi 1.41% saja.

Tak peduli jika kita tinggal di desa atau kampung. Kita tetap bisa memasang target pasar nasional bahkan internasional.

Ya!! Peluang usaha industri kreatif seperti kerajinan bisa dikatakan sangat menjanjikan. Apalagi bagi Anda yang memiliki keterampilan khusus dalam membuat berbagai macam kerajinan tangan.

Sekarang ini, banyak sekali contoh industri kerajinan tangan yang bisa kita temukan seperti, kerajinan dari bahan bekas, tas dari daun, berbagai hiasan untuk rumah tangga dan ribuan jenis kreasi lainnya.

Peluang Bisnis di Desa Dengan Membuka Bimbel

Sekarang ini kesadaran akan betapa pentingnya pendidikan semakin tinggi. Peluang usaha bimbel mungkin belum cukup popular di wilayah pedesaan. Akan tetapi, jika memang tingkat kebutuhan pendidikan tinggi, Anda bisa memulai usaha ini di daerah pedesaan.

Jika Anda menguasai komputer, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka bimbel komputer. Anda bisa menyediakan peralatan komputer lalu mengajarkan mereka sesuai dengan modul pembelajaran yang sering kita temui pada kursus – kursus komputer.

Selain bidang komputer, masih banyak jenis bimbel yang lain, seperti bidang pelajaran matematika, bahasa indonesia dll.

Di atas tadi ada beberapa contoh peluang usaha di desa yang menjanjikan dan bisa langsung Anda coba dari sekarang. Tentunya sebelum menjalankan usaha tersebut Anda harus melakukan beberapa riset terlebih dahulu.

Riset ini termasuk bagaimana permintaan pasar dan bagaimana peluang usaha di kampung tersebut apabila dijalankan di daerah Anda. Selain itu, Anda juga harus telaten dan ulet dalam bekerja agar usaha Anda dapat berjalan sesuai keinginan.

Dan apapun bisnis yang Anda jalankan, faktor yang paling penting adalah kemauan untuk bersabar dan tekun berusaha serta mengembangkan diri agar bisa mencapai sukses. Kita bisa belajar dari orang – orang yang telah sukses yang sesuai dengan bidang kita. Selamat mencoba!

Salam Patriot Desa

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *